IKUTI
SEKILAS INFO
  • 2 bulan yang lalu / Promo Rental Mobil Jogja Harga Mulai dari RP.300 Ribu
  • 2 bulan yang lalu / Promo Spesial Paket Liburan Jogjakarta Hemat
  • 3 bulan yang lalu / Wellcome to JogjaHits.Com
Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

Oleh : admin - Kategori : Backpaker / Panduan / Wisata Jogja
26
Nov 2019

JogjaHits.ComWisata Umbul Ponggok merupakan salah satu objek wisata kolam jernih yang cukup populer di daerah Klaten Jawa Tengah. Liburan di kota Jogja terasa kurang lengkap jika anda belum menyempatkan ke objek wisata yang instagramable ini. Umbul Ponggok keberadaannya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, yaitu pada masa penjajahan Belanda. Pada awalnya wisata Umbul Ponggok berfungsi sebagai pengairan perkebunan.

Asal mula nama Umbul Ponggok ini dari kata “Umbul’ yang mempunyai arti mata air dan “Ponggok” sendiri diambil dari nama desa dimana umbul itu berada. Sehingga jika diartikan secara langsung, Umbul Ponggok ini mempunyai arti mata air yang berada di desa Ponggok. Wisata Umbul Ponggok dikelilingi oleh hamparan sawah dengan pohon pohon yang rindang yang menjadikan wisata terasa sejuk.

Umbul Ponggok

Kolam di Umbul Ponggok ini bukan kolam renang yang seperti umumnya, dasar dari kolam Umbul Ponggok ini tidak berupa lantai keramik tetapi berupa pasir putih dengan beberapa bebatuan bahkan lumut yang terdapat juga ikan air tawar yang berwarna-warni yang mempercantik keindahan kolam.

Disini anda dapat merasakan sensasi menyelam dengan ikan tawar yang sangat cantik. Selain digunakan untuk berenang, Umbul Ponggok juga sering digunakan sebagai tempat latihan diving. Kolam Umbul Ponggok mempunyai ukuran sekitar 50 x 25 meter dengan kedalaman air 1,5 sampai 2,6 meter. Anda dapat menikmati sensasi beraktivitas seperti naik motor, sepeda, main laptop, tiduran maupun aktivitas lainnya di dalam air.

Umbul Ponggok

Air kolam yang sejuk membuat para pengunjung betah berlama lama di kolam Umbul Ponggok. Isi kolam tidak hanya ikan ikan yang cantik tetapi ada juga berbagai benda seperti sepeda, meja, kursi, sepeda motor, tikar, dan benda lainnya yang dijadikan sebagai spot foto bawah air yang sangat indah dengan background ikan tawar yang cantik.

Salah satu hal yang menjadi favorit dari para pengunjung adalah melakukan sesi foto pada saat menyelam di dasar kolam. Untuk pengunjung yang tidak memiliki kamera, di Umbul Ponggok ini terdapat jasa penyewaan kamera yang sudah termasuk forografernya. Selain itu ada juga penyewaan alat dan properti untuk berfoto.

Harga Tiket dan Parkir Umbul Ponggok

Harga tiket retribusi masuk wisata Umbul Ponggok sangat murah yaitu hanya sebesar Rp. 5.000. Sedangkan untuk harga parkir di Objek wisata Umbul Ponggok untuk motor yaitu Rp. 2.000 dan untuk mobil yaitu Rp 4.000.

Wisata Umbul Ponggok

Fasilitas Sewa perlengkapan Tambahan:

Biaya tambahan fasilitas sebagai berikut:

  1. Sewa Snorkel Set : Rp 12.000
  2. Sewa pelampung : Rp 7.000
  3. Sewa kaki katak : Rp 7.000
  4. Sewa kamera under water setengah jam : Rp 60.000
  5. Sewa kamera underwater satu jam : Rp 100.000
  6. Sewa ban renang : Rp 5.000
  7. Foto grup underwater untuk 7 orang : Rp 100.000/jam
  8. Tarif ruang bilas : Rp 1.000

Fasilitas Umbul Ponggok

Fasilitas di wisata Umbul Ponggok ini sudah lumayan lengkap bagi pengunjung yang ingin mengunjungi Umbul Ponggok antara lain:

  1. Tempat duduk
  2. Ruang ganti
  3. Mushola
  4. Warung makan
  5. Sewa kamera
  6. Paket Prewedding
  7. Toilet
  8. Area Parkir

Lokasi Umbul Ponggok

Lokasi wisata Umbul Ponggok ini sudah lumayan mudah untuk dijangkau karena jalan menuju wisata pantai tersebut sudah bagus, aman dan sangat layak untuk dilewati. Alamat lokasi wisata Umbul Ponggok tepatnya berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Rute Menuju Umbul Ponggok

Rute menuju wisata Umbul Ponggok ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Pangurakan, lalu lurus terus ke Jalan Kusumanegara, kemudian ke arah utara melewati Jalan Janti, kemudian ka arah timur tetap berada di Jalan Janti, sampai di perempatan ke arah utara melewati Jalan Majapahit/Jalan Ringroad Timur, kemudian belok sedikit ke kanan menuju Jalan Laksada Adisucipto/Jalan Raya Solo – Yogyakarta, lalu lurut terus melewati Jalan Raya Solo – Yogyakarta, kemudian sampai di bundaran Tugu Adipura ambil jalan keluar pertama menuju Jalan Merapi, lalu belok ke arah timur menuju Jalan Merbabu, lurus terus sampai di perempatan ke arah barat ke Jalan Sulawesi, kemudian kearah timur lurus terus ke Jalan Andalas, sampai di perempatan ke arah utara melewati Jalan Mayor Kusmanto, lurus terus ikuti jalan sampai di perempatan ke arah utara melewati Jalan Ki Ageng Panjawi, sampai di perempatan ke arah timur tetap di Jalan Ki Ageng Panjawi, kemudian lurus terus melewati Jalan Yaqowiyu, sampai di perempatan ke arah utara melewat Jalan Sersan Sadikin, kemudian lurus terus mengikuti Jala Karanganom, sampai di pertigaan ke arah barat menuju Jalan Panggung – Jatinom,  lalu ke arah utara melewati Jalan Karang Anom, kemudian lurus terus ke Jalan Delanggu – Polanharjo, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Umbul Ponggok.

Wisata Umbul Ponggok

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke wisata Umbul Ponggok cukup jauh yaitu sekitar 43,7 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Umbul Ponggok kurang lebih 1 jam 30 menit.

Lihat juga tempat Wisata Hits: Pule Payung Jogja

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, Jogja Istimewa Tour & Travel – Bagi anda yang akan berlibur ke kota Jogja dengan membawa banyak anggota keluarga atau teman, menyewa mobil tentu adalah pilihan Rental Mobil Jogja yang tepat dan terpercaya. Terlebih lagi jika anda tidak paham betul bagaimana cara untuk sampai ke tujuan tersebut.

error: Content is protected !!